CTI2C3 Manajemen Layanan Teknologi Informasi

Deskripsi Mata Kuliah:

Matakuliah ini mempelajari terkait dengan metode pengelolaan sistem teknologi informasi yang terpusat pada perspektif konsumen layanan teknologi informasi terhadap bisnis perusahaan. Pada saat ini, banyak perusahaan yang menggunakan layanan teknologi informasi untuk menunjang usaha mereka agar lebih baik lagi sehingga dibutuhkan pengetahuan terkait manajemen layanan teknologi informasi. Mahasiswa mampu memahami dan merancang solusi terhadap tantangan dalam manajemen layanan teknologi informasi diantaranya adalah menjaga jalannya layanan Teknologi Informasi (TI) setiap saat, mengoptimalkan biaya TI, mengelola risiko dan kompleksitas TI, mencapai kepatuhan hukum dan peraturan, mengelola perubahan volume yang lebih tinggi, dan menyelaraskan layanan TI dengan kebutuhan bisnis.

Pustaka – Bibliography:

Utama:

  1. Axelos Global Best 2019. ITIL Foundation – ITIL 4 Edition. London-Inggris: The Stationary Office
  2. Brewster, Ernest; Richard Griffiths; Aidan Lawes; John Sansbury. 2012. IT Servide Management A Guide for ITIL® Foundation Exam Candidates, Second BCS, The Chartered Institute for IT.
  3. Ravi Ravindran, Griffin, P. M., & Prabhu, V. V. 2018. Service Systems Engineering and Management. London: CRC Press, Taylor & Francis Group, LLC
  4. Erl, Thomas, Erl. 2017. Service Oriented Architechture-Analysis and Design for Services and Microservices, Second Edition. Prentice

Pendukung:

  1. https://isaca.org/cobit/pages/default.aspx
  2. https://iso.org/standards.html
  3. https://pmi.org/pmbok-guide-standards
  4. https://opengroup.org/togaf
  5. https://cmmiinstitute.com/cmmi