Tips untuk lulus Tingkat 1

Kuliah pada Tingkat 1 bisa jadi merupakan kuliah paling berat bagi mahasiswa. Pada saat kuliah pada tahun pertama, mahasiswa HARUS BISA beradaptasi dengan semuanya antara lain:
— Lingkungan tempat tinggal baru, khususnya yang tinggal di asrama atau kost-an

— Berpisah dengan orang tua, sehingga harus bisa mandiri dalam kesehariannya

— Model perkuliahan sangat berbeda, karena mahasiswa harus lebih banyak belajar mandiri

— Dosen pengajar yang bisa jadi memberi materi dengan metode yang jauh berbeda dengan guru di SMA/SMK

— Budaya dari teman sesama mahasiswa yang berbeda-beda karena mereka berasal dari berbagai suku, daerah, agama, dan kebiasaan bermacam-macam

— Dan lain sebagainya

Sementara itu SELURUH mata kuliah di tingkat 1 (semester 1 dan 2) di seluruh Prodi di Universitas Telkom, termasuk Prodi S1 Teknologi Informasi, harus lulus dalam waktu MAKSIMAL 2 tahun. Itu artinya jika ada mata kuliah di tingkat 1 yang tidak lulus, maka kesempatan mengulang mata kuliah tersebut HANYA 1 KALI di tahun kedua. Jika mata kuliah yang diulang TETAP tidak lulus, maka mau tidak mau mahasiswa tersebut HARUS mengundurkan diri atau di-Drop Out (DO). Tentu hal ini SANGAT tidak diinginkan, baik oleh mahasiswa itu sendiri, orang tua, maupun Prodi.

Untuk mengantisipasi agar mata kuliah tingkat 1 yang diulang bisa lulus (bagi yang mengulang mata kuliah), maka beberapa tips berikut ini SEHARUSNYA dilakukan oleh mahasiswa tersebut. Tips tersebut antara lain:

— WAJIB hadir di setiap pertemuaan kuliah

— TIDAK BOLEH datang terlambat ke kelas

— WAJIB mengerjakan semua tugas/ujian yang diberikan oleh dosen maupun asisten dosen

— WAJIB segera bertanya ke dosen atau teman yang lebih paham jika ada materi kuliah yang belum dipahami. Jangan ditunda hingga mendekati ujian.

— HARAM hukumnya melakukan kecurangan (mencontek atau kerjasama dengan orang lain) saat sedang mengerjakan tugas/ujian yang melarang hal itu dilakukan. Jika hal ini dilakukan, maka harus mau menerima SANKSI dikeluarkan dari kampus.

— SELALU berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar diberi kemudahan, ketabahan, dan kesabaran dalam menjalani perkuliahan dan mengerjakan tugas/ujian

Demikian beberapa tips untuk mencegah terjadinya kegagalan studi di tingkat 1. Semoga bermanfaat, mari kita berusaha semaksimal mungkin agar bisa lolos tingkat 1.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *