Mengenali Data Interval dari Definisi Beserta Analisanya
Data interval sendiri kerap disebut dengan bilangan bulat. Umum pula didefinisikan sebagai tipe data yang diukur sepanjang skala. Data interval selalu muncul dalam bentuk angka atau nilai numerik dimana jarak antara dua titik distandarisasi dan sama.
Dalam data interval, setiap titik ditempatkan pada jarak yang sama antara satu dengan yang lain.
Interval data biasanya muncul dalam bentuk angka maupun nilai numerik. Dimana jarak antara kedua titik sama dan distandarisasi.
Contoh Pengukuran Pada Data Interval
Interval data tidak bisa dikalikan maupun dibagi. Namun, bisa ditambah atau dikurangi.
Sebagai contoh:
Perbedaan antara 100 dan 90 derajat Fahrenheit sama dengan 70 dan 60 derajat Fahrenheit.
Interval data memiliki peranan penting dalam data sosial, ekonomi, hingga sebuah bisnis.
Sistem ini dinilai mampu mendukung hampir semua uji statistik beserta transformasi dalam mendapatkan data kuantitatif
Interval Analisis Data
Oleh karena interval data merupakan tipe data kuantitatif, maka hampir seluruh metode yang dipakai untuk menganalisis boleh digunakan.
Berikut Jenis Data Interval yang Dapat Anda Ketahui
Analisis TURF
TURF sendiri merupakan kependekan dari Totally unduplicated Reach and Frequency Analysis.
TURF adalah metode yang memungkinkan pemasar untuk menganalisis potensi riset pasar untuk kolaborasi produk dan layanan.
Hal ini dilakukan untuk mengevaluasi interval data pelanggan yang dijangkau oleh sumber komunikasi tertentu hingga frekuensinya.
Teknik analisis ini dipakai oleh para peneliti untuk memahami apakah suatu produk dan jasa baru bakal diterima di pasar dengan baik atau tidak.
Umumnya, TURF digunakan untuk merancang media kampanye yang telah diperluas untuk pendistribusian produk dan analisanya.
Analisis Konjoin
Dalam analisa kedua ini didefinisikan sebagai teknik riset singkat lanjut pasar.
Umumnya diterapkan guna menganalisa bagaimana individu membuat keputusan rumit dalam interval skala.
Jenis data interval ini mempelajari faktor mana saja yang penting bagi pelanggan. Utamanya sebelum mereka membuat pilihan diantara banyak referensi.
Analisis SWOT
Analisa jenis ini dilakukan dalam mengevaluasi kelemahan, peluang, kekuatan hingga ancaman organisasi yang kerap disebut SWOT.
SWOT banyak digunakan untuk meninjau interval data. Kekuatan dan kelemahan merupakan aspek internal organisasi.
Sedangkan, aspek eksternalnya ialah peluang dan ancaman berada di luar organisasi.
Sebuah organisasi mampu mengukur interval data guna memperhitungkan persaingan pasar.
Termasuk merencanakan kegiatan pemasaran di masa depan dengan menggunakan hasil analisis SWOT tersebut.
Analisis Tren
Untuk analisa ini merujuk pada teknik analisa interval data yang populer. Umumnya digunakan untuk menggambarkan tren beserta wawasan.
Yakni, dengan menangkap data survei selama periode tertentu.
Analisis tren pada interval data bisa juga dilakukan dengan mengumpulkan data memakai interval survei skala dalam beberapa iterasi, menggunakan pertanyaan yang serupa.
Itulah ulasan ringkas terkait data interval yang bisa kami sajikan. Semoga penjelasan ini dapat memberikan Anda tambahan informasi.
Referensi
https://lp2m.uma.ac.id/2022/04/20/data-interval-pengertian-analisis-dan-karakteristiknya/
Penulis : Ardita Clara D.G