Sejarah Program Studi S1 Teknologi Informasi

Universitas Telkom berdiri berdasarkan lembaga yang berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Telkom. Dalam menyusun skenario strategi dan kebijakan untuk proses pembentukan dan pertumbuhan Universitas Telkom, maka diusulkan 7 (tujuh) inisiatif. Salah satu inisiatif tersebut adalah tentang peningkatan kampus dan jumlah mahasiswa (Diverifikasi Program, Kampus Nasional Universitas Telkom, Komunitas College dalam koridor ekonomi). Inisiatif ini bertujuan untuk meningkatkan skala perguruan tinggi dengan cara melakukan diversifikasi program studi. Program Studi Teknologi Informasi merupakan Progra Studi baru sebagai salah satu bagian dari diverifikasi program tersebut. Pendirian program studi Teknologi Informasi juga merupakan hasil diskusi dengan kelompok keahlian di Fakultas Informatika, yaitu kelompok keahlian Telematika.

Universitas Telkom khususnya Fakultas Informatika berperan aktif menjadi salah satu penyedia sumber daya manusia yang kompeten dalam teknik dan pengembangan infrastruktur telematika baik berupa perangkat keras maupun perangkat lunak melalui perndirian program studi S1 Teknologi Informasi. Dengan diselenggarakannya Program Studi S1 Teknologi Informasi di Universitas Telkom maka akan terbentuk wadah pengembangan keahlian yang selaras dengan industri Telematika Nasional yang dapat menunjang dan menjawab kebutuhan Nasional akan ICT enabler worker terutama dalam bidang pengeloalaan teknologi informasi.

Ijin penyelenggaran Program Studi Teknologi Informasi telah keluar sejak 29 Agustus 2016 sesuai dengan SK No. 290/KPT/I/2016 Program Studi Teknologi Informasi berada dalam Fakultas Informatika Universitas Telkom bersama dengan 3 Program Studi lain yang telah terakreditasi disajikan pada tabel di bawah ini. [Sumber https//banpt.or.id].