CTI4S3 Sistem Komputasi Layanan

Deskripsi Mata Kuliah:

Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang penguasaan dan pemahaman tentang manajemen sistem komputasi layanan dari sudut pandang services computing, service science, management and engineering (SSME), serta IT Service Management (ITSM). Selain itu mahasiswa juga akan menguasai keterampilan dalam penerapan siklus hidup manajemen layanan terhadap rangkaian kegiatan engineering dan manajemen sistem komputasi layanan. Materi yang dibahas antara lain :pengantar manajemen sistem komputasi layanan, services, services systems, dan services computing systems dari berbagai sudut pandang kelimuan yang terkait dengan layanan, siklus hidup manajemen layanan, tahapan kegiatan service management, model kuantitatif untuk mengevaluasi manajemen layanan, dan best practices manajemen sistem komputasi layanan pada industri 4.0. Kuliah ini juga menerapkan studi kasus penerapan manajemen sistem komputasi layanan sebagai kegiatan penunjang perkuliahan.

Pustaka – Bibliography:

Utama:

  1. Zhang, L., Zhang, J., & Cai, H. 2007. Services Computing. New York: Springer
  2. Brewster, E., Griffiths, R., Lawes, A., & Sansbury, J. 2012. IT Service Management Foundation Practice Questions: For ITIL Foundation Exam Candidates (Second Edi).
  3. Elisa Bertino, Lorenzo D. Martino, Paci, F., & Squicciarini, A. C.2010. Security for Web Services and Service-Oriented Architectures. Springer-Verlag Berlin Heidelberg.
  4. Fitzsimmons, J. A., & Fitzsimmons, M. J.2011. Service Management: Operations, Strategy, Information Technology. In Service Management (Seventh Ed). New York, NY: The McGraw-Hill Companies.
  5. Axelos Global Best 2019. ITIL Foundation – ITIL 4 Edition. London-Inggris: The Stationary Office

Pendukung:

1. A. Ravi Ravindran, Griffin, P. M., & Prabhu, V. V.2018. Service Systems Engineering and Management. London: CRC Press, Taylor & Francis Group, LLC.